Sunday, February 23, 2014

Pesawat Tenaga Matahari Raksasa Bisa Tinggal di Udara Selama 5 Tahun

Pesawat Surya besar
Titan Aerospace 50, Pesawat tenaga Surya terbesar I foto : titanaerospace.com
Pesawat tak berawak tenaga surya secara teoritis bisa tinggal sampai lima tahun bahkan lebih lama di udara karena terbang di atas awan dengan cuaca selalu cerah selama siang hari.

Pesawat tenaga Surya masih dalam masa pertumbuhan, namun kinerjanya semakin baik sepanjang waktu.  Kita mungkin tidak pernah melihat pesawat penumpang besar yang bertenaga surya, namun kelak itu akan menjadi kenyataan.  Sebuah contoh, yaitu pesawat Titan Aerospace dapat melakukan penerbangan dengan tanpa awak pada ketinggian diatas awan bertenaga surya.

Pesawat tak berawak tenaga surya yang dibuat oleh Titan Aerospace dimaksudkan untuk dapat tetap dalam penerbangan selama lima tahun.  Ketika akan diproduksi,  pesawat itu memiliki 3.000 panel surya yang memproduksi sekitar 7 kW listrik dan akan berada di atas awan, sehingga akan terkena sinar matahari terus-menerus di siang hari. 

Titan Aerospace seperti pesawat umumnya akan menjaga muatan dalam penerbangan jangka panjang, mungkin dalam cara yang mirip dengan satelit komunikasi.  Mereka bisa digunakan untuk aplikasi surveilans seperti pemantauan lingkungan, pemantauan kebakaran dan tanggap bencana, antara lain.

Menggunakan pesawat tak berawak tenaga surya jangka panjang atau pesawat juga memiliki keuntungan menjadi sebuah kapal yang dapat dengan aman dibawa kembali ke permukaan tanah, sehingga muatan tua dapat diturunkan, maupun diperbaiki dan kemudian pesawat bisa kembali naik melanjutkan penerbangan.

Keuntungan lain yang potensial adalah biayanya.  Beberapa satelit berbiaya ratusan juta dolar.  Hanya membuat mereka naik ke ketinggian yang diinginkan dapat menjadi sangat mahal. Setelah mereka tiba di sana, mereka dapat rusak dan menjadi sampah antariksa.

Meluncurkan satelit ke luar angkasa juga mengtinjauankan emisi bakar roket, yang dapat mempengaruhi perubahan iklim, "Penelitian Aerospace telah menunjukkan bahwa partikel karbon hitam yang dipancarkan oleh roket berbahan bakar hidrokarbon bisa memainkan peran dalam perubahan iklim dalam beberapa dekade mendatang. 

Penelitian iini didanai oleh Aerospace dan Pengembangan Program Office dan lembaga lainnya, itu adalah studi pertama tentang efek knalpot roket mempengaruhi perubahan iklim.  Partikel hitam-karbon yang ditinjauankan oleh hidrokarbon berbahan bakar roket bisa menjadi signifikan karena knalpot Roket merupakan satu-satunya sumber langsung dari senyawa yang ditinjauankan oleh manusia di atmosfer di atas sekitar 20 kilometer (12 mil).

Rockets juga memancarkan karbon dioksida, uap air, dan senyawa lainnya yang menyerap energi panas, tetapi partikel jelaga memiliki kemungkinan terbesar potensi untuk mempromosikan perubahan suhu.  (Sumber: Aerospace.org )

0 comments:

Post a Comment